Aritmetika sosial dalam pembelajaran adalah penerapan operasi aljabar dalam kegiatan ekonomi. Diantara hal yang perlu disiapkan antara lain :
- Mata uang 500 rupiah, 1.000 rupiah, 2.000 rupiah, 5.000 rupiah dan 10.000 rupiah
- Nilai Sekelompok Uang
- Tukar Menukar Uang
Percakapan penjual dan pembeli.
Pembeli : “ Berapa harga kue ini pak ? “
Penjual : “ Harganya lima puluh rupiah. “
Pembeli : “ Saya membeli seratus rupiah, Pak “
Penjual : “ Ini mendapat 2 kue “
Soal Cerita.
Perhatikan soal cerita dibawah ini !
Ibu Nana membeli sebungkus cabai merah dengan harga 5.500 rupiah.
Berapa rupiahkah uang kembaliannya jika Ibu Nana membayar dengan uang 10.000 rupiah ?
Penyelesaian :
Menghitung dahulu jumlah uangnya kemudian dikurangi harga pembelian. Cara mengerjakan menggunakan kalimat matematika.
Jawab : ( 5.000 rupiah + 5.000 rupiah ) – 5.500 rupiah = n
10.000 rupiah – 5.500 rupiah = 4.500 rupiah
Jadi uang kembaliannya 4.500 rupiah.
Menuliskan nilai mata uang rupiah
Jadi, empat ribu lima ratus rupiah ditulis Rp. 4.500,00.
Soal
- Seorang pedagang membeli sebuah radio dengan harga Rp.165.000, kemudian radio itu dijual dengan harga Rp.190.000. tentukan untung atau rugi pedagang itu!
- Harga pembelian sebuah kalkulator adalah Rp.95.000. agar memperoleh untung sebesar Rp.20.000, berapakah harga penjualannya?
1. Diketahui : harga pembelian = Rp.165.000
Harga penjualan = Rp.190.000
Ditanya : untung atau rugi ?
Jawab : karena penjualan lebih tinggi dari harga pembelian, maka pedagang itu memperoleh untung.
Untung = harga penjualan – harga pembelian
= Rp.190.000 – Rp165.000
= Rp25.000
Jumlah 25
2. Diketahui : harga pembelian = Rp95.000
untung = Rp20.000
Ditanya : harga penjualan ?
Jawab : karena untung, maka harga penjualan lebih tinggi dari harga pembelian.
Harga penjualan = harga pembelian + untung
= Rp95.000 + Rp20.000
= Rp115.000