Sunday, July 1, 2012

Cara Membuat Kincir Air dan Kincir Angin


A. Pembuatan Kincir Angin

kejar paket c
Di Belanda, angin dapat berembus tanpa henti. Tiupan angin tersebut dimanfaatkan untuk kincir angin. Kemudian, putaran kincir angin digunakan untuk memompa air dari tanah. Kincir angin modern digunakan untuk pembangkit tenaga listrik, seperti pada gambar berikut.

Pembangkit listrik tenaga angin merupakan pengembangan teknologi yang ramah lingkungan. Hal itu disebabkan teknologi tersebut dianggap bebas polusi. Selain itu, sumber energinya pun tersedia bebas di alam. Sekarang, tertarikkah kamu untuk dapat memahami cara kerjanya? Nah, kamu dapat mencoba membuat kincir angin sederhana. Untuk itu, lakukanlah kegiatan berikut. Terlebih dahulu kita sediakan dulu bahan-bahannya:

kejar paket c1. Kertas karton ukuran 15 cm × 15 cm
2. Gunting
3. Pensil
4. Penggaris
5. Paku payung atau Jarum Pentul
6. Batang kayu kecil yang panjangnya 25 cm

Langkah Kerja
  1. Gambarlah pada kertas karton dua garis menyilang dengan pensil. Pada bagian tengah dari pertemuan kedua garis silang, buatlah lubang kecil.
  2. Potonglah kertas menurut garis bersilang yang telah kamu buat dengan gunting. Potonglah hingga setengahnya atau mendekati sumbu poros. Berhati-hatilah menggunakan gunting. Jangan sampai melukai tanganmu.
  3. Tekuklah bagian yang telah digunting ke arah poros dan tusukkan paku payung di bagian porosnya.
  4. Tusukkan paku payung atau Jarum Pentul pada sebatang kayu.


B. Pembuatan Kincir Air

- Bambu 25cm diameter 0.5-1 cm sebanyak 4 buah.
- Bambu 30-40 cm diameter 0,5-1 cm sebanyak 1 buah
- Botol air mineral 1,5 liter 1 buah
- Botol air mineral 600 ml 2 buah

Cara Pembuatan:
Tak perlu susah-susah mencari bambu berukuran diameter 0,5, jika anda benar-benar ingin berkreasi manfaatkan bambu bekas pagar atau bekas rambatan tanaman anda, lalu potong-potong hingga hasil yang diinginkan. Belah botol menjadi 3 bagian.
kejar paket c
Lalu lubangi sebanyak 8 buah dengan posisi sama. Artinya jarak antar lubang haruslah sama.
kejar paket c
Masukkan bambu ke dalam potongan botol seperti gambar ini. Lalu beri potongan botol berbentuk segi empat ke dalam setiap bambu 25 cm. Selanjutnya atur semua bahan seperti di bawah ini. 
kejar paket c
Selamat Bereksperimen.


Ijazah Paket A, Paket B, dan Paket C