Sunday, July 1, 2012

Membuat Parasut Sederhana

Pernah lihat terjun payung? Mereka melompat dari ketinggian dan menggunakan parasut untuk mendarat agar tidak jatuh ke bumi dengan keras. Mau ngga kalo kita coba bikin parasut sendiri? Tapi hanya mainan.

Nah, untuk membuat parasut mainan, kita membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut :
  • 1 buah tas plastik berwarna putih
  • Gunting
  • Tali
  • Sebuah benda kecil untuk jadi pemberatnya, kita juga bisa menggunakan boneka kecil yang ringan.
  • Spidol warna
Kalau bahannya sudah terkumpul, mari kita mulai:

Pertama, potong plasik menjadi bentuk persegi, lalu pangkas keempat sisinya hingga terbentuk menjadi segi delapan. Buatlah lubang pada tiap sisi, lalu ikatkan ujung tali pada tiap lubang. Nah, pada ujung tali lainnya, gabungkan menjadi satu dan ikatkan mainan atau benda kecil yang tadi kita siapkan. Warnai parasut mainanmu dengan spidol warna.

Coba jatuhkan parasutmu dari tempat yang agak tinggi, mintalah bantuan Papa atau Bunda untuk membantu menjatuhkannya dari ketinggian. Semakin lambat jatuhnya, berarti semakin bagus parasut itu. Kalau jatuhnya masih terlalu cepat, kita bisa membuatnya dengan tali yang lebih panjang.  

Lalu bagaimana cara kerja parasut sebenarnya? Apa yang terjadi?

Saat kita menjatuhkan benda pemberat, parasut tadi akan mengembang dan tertahan oleh udara yang menekak dibawahnya. Jadi pemberat tidak langsung jatuh dengan cepat tetapi geraknya menjadi lambat karena adanya plastik yang tertahan oleh udara.


kejar paket c


Sumber: orbit-digital.com

Ijazah Paket A, Paket B, dan Paket C