Saturday, August 25, 2012

Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris

Kadangkala kita sering diminta untuk memperkenalkan diri di depan teman baru atau orang lain yang baru dikenal. Walaupun contoh berikut ini sangatlah sederhana, namun mungkin bisa diperkenalkan untuk anak 7 tahun ke atas.

Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris

Perkenalan di bawah ini dapat ditambahkan sesuai dengan kebutuhan dan situasi.

Contoh singkat untuk situasi tidak resmi bisa langsung I’m John. atau I’m Jackie. Sedangkan untuk situasi resmi bisa lebih lengkap  I’m John Kennedy atau I’m Jackie O’Neill. 

Bisa dilanjutkan dengan:
  • (It’s) nice to meet you.
  • (It’s) nice meeting you.
  • (It’s) good to meet you.
  • Nice to meet you too.
Mungkin sekedar contoh yang lebih lengkapnya bisa seperti ini: 

Hi Mam, Hello My Friends, good morning..

I want to introduce my self to you all

My name is Fajar Nusantara

My family call me Fajar

I am came from Jakarta Utara

I live at Cilincing

I am eight years old, and

I am a hundred twenty cm tall

My mother name is Siti Sarah

My father name is Abraham

I have one sister

My hobby is a soccer and play station 2

Ok,….! i think enough for my intruducing.

Akan tetapi dalam perkenalan perlu diingat beberapa hal dibawah ini:

1. Siapa lawan bicara kita? Orang yang lebih tua, sebaya, atau di bawah umur kita? Hal ini penting, karena ada kaitannya dengan cara kita menyapa.

2. Jika orang yang diajak bicara adalah orang asing, native speaker ataupun dari negara lain, dimana bahasa Inggris merupakan bahasa kedua, maka pendekatannya akan sedikit berbeda.

3. Tertulis atau lisan? Jika lisan, maka secara wajar proses perkenalan akan dimulai dengan jabatan tangan dan saling bertukar nama. Jika dia mengatakan "Hi, my name is Bill" bisa dijawab dengan "Hi sir, my name is Fajar". Jika dia mengatakan "Greetings, my name is Bill" maka anda bisa menjawab "greetings sir" atau "nice to meet you sir" kemudian dilanjutkan dengan "my name is Fajar"

4. Tergantung situasinya, tidak perlu merespon lebih lanjut, pada bangsa tertentu jika dia tidak bertanya mengenai sesuatu, maka sebenarnya dia tidak memerlukan informasi tersebut, kecendrungan ini bisa ditemui pada orang dari United Kingdom maupun Irlandia. Dalam situasi seperti ini kita boleh menanyakan bagaimana keadaanya, misal "how’s your day?" atau "how do you do?" dan dilanjutkan seperlunya. Jika berhadapan dengan orang Australia, ada kecenderungan kita boleh mengambil inisiatif untuk memperkenalkan diri.

5. Tidak perlu takut dulu untuk memperkenalkan diri pada orang asing, karena secara instan, memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris biasanya mencakup hal-hal seperti ini: Kata-kata atau kalimat sapa yang sopan, "hi" lebih bersiat kasual, jangan digunakan pada situasi resmi, anda bisa memilih: “greetings” atau “good day to you sir/madam/miss” atau “good evening” tapi jangan “good night” kalimat ini lebih lazim dipergunakan pada saat perpisahan. “Greetings” aman untuk dipergunakan secara tulisan, biasanya sering digunakan untuk e-mail resmi, sifatnya sopan dan menyatakan niat baik.

(dari berbagai sumber)