Wednesday, June 13, 2012

Mengenalkan Koran dan Majalah

Memperkenalkan Koran dan majalah untuk anak 3 – 7 tahun sebagai media informasi harus dengan sambil bermain. Untuk anak yang belum bisa membaca, melalui media Koran dan majalah bisa juga di perkenalkan huruf dan belajar mengeja huruf. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan dalam memperkenalkan Koran dan majalah pada anak usia dini:


1.    Melatih anak mengenal huruf dan angka. Untuk membantu anak mengenal huruf dan angka melalui Koran dan majalah, buatlah potongan-potongan karton sebesar kartu. Tuliskan angka 1 – 10 dan huruf A, B, C dan seterusnya pada potongan-potongan karton tersebut satu persatu, dan ajarkan cara menyebutnya. Mintalah kepadanya untuk mencari dan menemukan tulisan yang sama di majalah/koran/buku. latihlah anak, sampai ia mengenal semua huruf dan angka dengan baik.

2.    Membantu anak belajar menggunting dan membuat buku cerita dengan gambar temple. Tunjukkan kepada anak cara mengunting gambar dari majalah/koran/buku bekas. Ajarilah anak untuk menyusun dan menempelkan gambar tersebut pada kertas, sehingga membentuk suatu urutan cerita.



Ijazah Paket A, Paket B, dan Paket C