Saturday, August 25, 2012

Menyebutkan Warna dan Benda


Mengajarkan warna pada anak banyak sekali cara dan strateginya. Semua yang tersedia disekitar kita dapat menjadi media untuk mengenalkan warna pada mereka. Kegiatan belajar dapat dilakukan di dalam atau di luar ruangan. Jika di dalam ruangan, kita bisa menggunakan peralatan atau benda-benda yang ada di dalam ruangan tersebut. Caranya, kita menyebutkan benda dan warnanya sekaligus dalam Bahasa Inggris. Misal, ini pensil biru (kita bisa menjelaskannya "the colour of pencil is blue"), itu buku merah(the colour of book is red). Atau bisa juga dilakukan dengan tanya jawab, misalnya: apa itu? itu meja coklat (the colour of desk is brown). Begitu seterusnya hingga anak memahami macam-macam warna sekaligus bendanya. 

Kemudian setelah kita (orangtua atau tutor) menyebutkan benda dan warnanya sekaligus, tinggal anak menyebutkannya sendiri sambil menunjuk benda dan warnanya dalam Bahasa Inggris. Lalu kita bisa saja meminta anak untuk menuliskan dalam bukunya sekaligus, sehingga anak tahu susunan hurufnya.

Kelebihan dari strategi ini adalah, anak dapat mengetahui Bahasa Inggris benda dan warnanya secara langsung (kontekstual) dan langsung mendemonstrasikan melalui lisan ataupun tulisan. Hal ini bisa juga dilakukan dengan menggunakan gambar berwarna, kertas lipat (melipat sambil belajar warna), atau power point yang menarik bagi anak.



Nah, jika di luar ruangan, anak bisa diajak ke halaman, taman, tempat parkir, atau lingkungan sekitar. Jika di taman mereka dikenalkan benda-benda yang ada di taman dengan bahasa Inggris sekaligus menyebutkan warnanya. Misalkan bunga melati putih, bunga mawar merah, batu hitam, rumput hijau, pagar oranye, pohon coklat, dan lain-lain. Dengan belajar sambil berbaur dengan alam, melalui pengenalan bermacam-macam warna pasti akan lebih mengasikan dan menarik bagi anak. Pada saat itulah disamping kita mengajarkan warna, sekaligus kita menanamkan nilai-nilai spiritual pada anak melalui kebesaran ciptaan-Nya. Selamat mencoba..