www.sekolahmandiri.blogspot.com. Powered by Blogger.

Yang Dimaksud Dengan Energi Alternatif

Energi Alternatif disebut juga energi pengganti. Energi alternatif sangat dibutuhkan untuk mengganti energi yang biasa dipakai selama ini yaitu energi yang berasal dari fosil.

Energi fosil adalah energi yang berasal dari sisa-sisa hewan yang sudah mati tertimbun di dalam tanah berjuta-juta tahun yang lalu. Contoh energi fosil adalah: bensin, solar, kerosin, minyak tanah.

Energi alternatif bisa juga diartikan energi selain energi fosil. Adapun contoh energi alternatif sebagai berikut:

A.     Matahari
Matahari adalah sumber energi terbesar yang ada di bumi. Energi matahari dimanfaatkan oleh manusia dan tumbuhan. Bagi manusia energi matahari digunakan untuk menjemur pakaian, menjemur padi dll.

Ada beberapa cara pemanfaatan energi panas matahari yaitu:
1. Pemanasan ruangan
2. Penerangan ruangan
3. Kompor matahari
4. Pengeringan hasi pertanian
5. Distilasi air kotor
6. Pemanasan air
7. Pembangkitan listrik

B.     Angin
Angin dimanfaatkan manusia untuk berbagai keperluan, diantaranya untuk bermain laying-layang, menjalankan perahu, berolahraga selancar dll. Angin juga dapat dimanfaatkan sebagai energi alternative yaitu sebagai pembangkit tenaga angin.

C.     Air
Selain untuk berbagai keperluan rumah tangga seperti minum, mencuci dll. Air dapat dimanfaatkan sebagai PLTA ( Pembangkit Listrik Tenaga Air )

D.     Panas Bumi ( Geothermal )
Energi alternatif lain yang dapat digunakan adalah panas bumi. Panas bumi adalah panas yang berasal dari panas yang ada pada inti bumi. Apabila ada daerah yang pusat buminya dekat dengan permukaan maka panas bumi ini dapat dimanfaatkan sebagai  pembangkit listrik tenaga panas bumi.

Selain energi alternatif yang sudah disebutkan di atas ada beberapa energi alternative lain seperti biogas dan biodiesel yang sekarang sedang ramai dibincangkan.



Ijazah Paket A, Paket B, dan Paket C